SEKOLAH
: GURU BELAJAR
NAMA
GURU : https://berkaryauntuksemesta.blogspot.com/
MATA
PELAJARAN : Pendidikan Pancasila
KELAS
/ SEMESTER : 4/1
ALOKASI
WAKTU : 2 x 35 menit ( 2 JP)
|
IDENTIFIKASI |
Peserta Didik |
Murid kelas IV memiliki
kemampuan bekerja sama yang cukup baik, namun masih perlu pembiasaan dalam
melaksanakan tanggung jawab secara konsisten, terutama dalam kegiatan piket.
Beberapa murid kadang enggan ikut piket, merasa tugasnya berat, atau tidak
tuntas menyelesaikan tanggung jawabnya. |
|||||||||||
|
Materi Pelajaran |
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab terhadap tugas piket kelas sebagai bagian dari pengamalan nilai-nilai
Pancasila. |
||||||||||||
|
Dimensi Profil Lulusan (DPL) |
Dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam
pembelajaran |
||||||||||||
|
DPL 1 Keimanan
dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa DPL 2 Penalaran
Kritis |
DPL 3 Kreativitas
DPL 4 Kemandirian |
||||||||||||
|
DESAIN
PEMBE-LAJARAN |
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik mampu memahami
dan menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap kebersihan kelas sebagai
wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. |
|||||||||||
|
Lintas Disiplin Ilmu |
|
||||||||||||
|
Tujuan Pembelajaran |
Setelah kegiatan pembelajaran, murid dapat: 1.
Mengidentifikasi masalah yang muncul dalam pelaksanaan piket
kelas. 2.
Menjelaskan pentingnya tanggung jawab dan kerja sama. 3.
Menyusun kesepakatan piket yang adil dan menyenangkan. 4.
Melaksanakan piket sesuai hasil kesepakatan kelompok. 5.
Merefleksikan pengalaman belajar untuk menumbuhkan sikap
tanggung jawab. |
||||||||||||
|
Topik Pembelajaran |
Nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sikap
tanggung jawab terhadap tugas bersama. Kerja
sama dan gotong royong di lingkungan sekolah. Pembagian
tugas yang adil dalam kegiatan piket. |
||||||||||||
|
Praktik Pedagogis |
Project
Based Learning (PJBL) — pembelajaran kontekstual berbasis masalah nyata di
kelas. |
||||||||||||
|
Kemitraan Pembelajaran |
|
||||||||||||
|
Lingkungan Pembelajaran |
Kelas
disusun sebagai ruang kolaborasi yang memberi ruang bagi murid untuk belajar
tanggung jawab dan gotong royong. |
||||||||||||
|
Pemanfaatan Digital |
1. Video
interaktif tentang PJBL 2. Tayangan
PPT untuk menyampaikan materi |
||||||||||||
|
PENGA-LAMAN
BELAJAR |
AWAL berkesadaran, bermakna, menggembirakan |
||||||||||||
|
1. Guru
membuka pembelajaran dengan salam, doa, dan suasana ceria. 2. Guru
memancing pengalaman murid dengan pertanyaan: “Siapa yang piket hari ini?” “Apakah semua sudah melaksanakan tugasnya?” 3. Murid
menjawab dengan jujur; guru mencatat permasalahan yang muncul di papan tulis. 4. Guru
mengarahkan murid untuk menyadari bahwa masalahnya bukan pada jadwal,
melainkan pada tanggung
jawab dan kerja sama. 5. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memperkenalkan proyek: 6.
“Hari ini kita akan belajar menjadi tim piket yang kompak dan
bertanggung jawab melalui proyek Piket Ceria.” |
|||||||||||||
|
INTI Studi Kasus: Pelaksanaan Piket di kelas |
|||||||||||||
Langkah 1:
Menemukan Masalah (10 menit)
1. Guru menampilkan gambar atau bercerita tentang suasana
kelas yang berantakan setelah jam pelajaran. 2. Guru mengajukan pertanyaan pemantik: o
“Mengapa kelas bisa seperti
ini?” o
“Apa akibatnya kalau piket
tidak berjalan?” 3. Murid mengemukakan pendapat dan menuliskan masalah yang
sering terjadi, seperti: o
Ada yang malas piket. o
Ada yang terburu-buru pulang. o
Ada yang merasa sudah piket
meski tugas belum selesai. 4. Guru dan murid menyimpulkan bahwa masalah utamanya
adalah kurangnya
tanggung jawab dan kerja sama. Langkah 2:
Mendesain Perencanaan Proyek (15 menit)
1. Guru membagi murid ke dalam kelompok berdasarkan jadwal
piket kelas. 2. Guru membagikan lembar kerja proyek berisi
kolom: o
Tugas piket o
Masalah yang sering muncul o
Solusi perbaikan 3. Murid berdiskusi dan menuliskan hasilnya. 4. Guru berkeliling memantau diskusi dan memberikan arahan
agar setiap anggota terlibat aktif. 5. Setiap kelompok membuat daftar kesepakatan kelompok
piket yang berisi aturan dan solusi bersama. Langkah 3:
Menyusun Jadwal dan Pembagian Peran (10 menit)
1. Guru memberikan contoh tabel pembagian tugas di papan
tulis. 2. Murid menyusun pembagian peran, seperti: o
Penyapu lantai o
Pengepel o
Penyusun meja o
Pengelola sampah o
Penghapus papan tulis 3. Guru memastikan pembagian tugas seimbang dan setiap
murid mendapat tanggung jawab yang jelas. 4. Kelompok menulis tabel pembagian tugas di kertas besar
dan menandatangani kesepakatan bersama. Langkah 4:
Melaksanakan dan Memonitor Proyek (10 menit)
1. Guru meminta setiap kelompok membuat poster
“Piket Ceria” berisi kesepakatan dan aturan kelompok. 2. Murid bekerja sama membuat poster dengan tulisan dan
gambar yang menarik. 3. Poster ditempel di area piket kelas. 4. Murid melaksanakan mini-proyek kebersihan berdasarkan
pembagian tugas yang sudah disepakati. 5. Guru berkeliling memantau kerja kelompok dan memberikan
pujian untuk kelompok yang kompak dan bertanggung jawab. Langkah 5:
Mempresentasikan Hasil Proyek (5 menit)
1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil proyeknya di
depan kelas. 2. Murid menjelaskan kesepakatan kelompok dan pengalaman
selama melaksanakan piket. 3. Guru memberikan umpan balik positif dan mengajak murid
lain memberi apresiasi terhadap kerja teman-temannya. Langkah 6:
Refleksi dan Evaluasi (5 menit)
1. Guru mengajak murid melakukan refleksi melalui
pertanyaan: o
“Apa makna tanggung jawab
bagimu hari ini?” o
“Bagaimana perasaanmu saat
bekerja sama dengan teman?” 2. Murid menuliskan refleksi di buku catatan dan beberapa
murid membacakan hasilnya. 3. Guru menegaskan bahwa tanggung jawab adalah pengamalan
sila ke-5 Pancasila: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat
Indonesia. |
|||||||||||||
|
PENUTUP berkesadaran, bermakna, menggembirakan |
|||||||||||||
|
1. Guru dan
murid bersama menyimpulkan pembelajaran hari ini. 2. Guru
mengajak seluruh murid membuat komitmen bersama: “Kami siap menjaga kebersihan kelas dengan
tanggung jawab dan kerja sama.” 3. Guru
memberikan apresiasi kepada murid yang aktif dan menunjukkan perubahan sikap
positif. 4. Pembelajaran
ditutup dengan doa dan salam bersama. |
|||||||||||||
|
ASESMEN
PEMBELAJARAN |
Asesmen
pada Awal Pembelajaran |
Menggali
pemahaman awal murid tentang tanggung jawab |
|||||||||||
|
Asesmen
pada Proses Pembelajaran |
Menilai
kerja sama & keterlibatan murid dalam proyek |
||||||||||||
|
Asesmen
pada Akhir Pembelajaran |
Menilai
hasil proyek dan refleksi pribadi |
||||||||||||
Rubrik
Penilaian
|
Aspek |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Tanggung Jawab |
Tidak melaksanakan tugas |
Melaksanakan sebagian |
Menyelesaikan tugas dengan baik |
Menjadi teladan tanggung jawab |
|
Kerja Sama |
Tidak mau membantu teman |
Kadang bekerja sama |
Bekerja sama dengan baik |
Aktif membantu & memotivasi teman |
|
Kreativitas Poster |
Tidak selesai |
Kurang menarik |
Menarik dan rapi |
Sangat kreatif & bermakna |
|
Refleksi Diri |
Tidak memahami makna tanggung jawab |
Menjelaskan secara sederhana |
Memberi contoh nyata |
Mampu menginspirasi teman |
Magelang, 1
September 2025
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Sekolahku, M.Pd. https://berkaryauntuksemesta.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar